Inilah 7 Khasiat Buah Jamblang Yang Belum Banyak Diketahui Orang


Pernah dengar buah Jamblang alias juwet? Ya, buah yang berwarna hitam dan mempunyai rasa yang manis dan sangat mirip seperti buah anggur. Hanya saja buah jamblang sedikit lebih lonjong. Buah yang mempunyai nama latin Syzygium cumini ini mengandung minyak astiri, alkaloid (jambosine), fenol (methylxanthoxylin), asam organik, triterpenoid, resin berwarna merah tua yang di dalamnya terkandung tanin dan asam elagat. Selain itu, Biji jamblang mengandung fatty oil sekitar (3-5%) terdiri dari olei acid, sterculiac acid, palmitic acid, myristis acid, linoleic acid, dan malvalic acid (cyclopropylidenis acid) serta vernolic acid (epoxy fatty acid). Buah jamblang juga mengandung tanin termasuk corilagin.

Buah ini merupakan buah yang hanya dapat ditemukan di beberapa negara tertentu di Asia, salah satunya adalah Indonesia.

Mungkin buah ini jarang sekali kita temui. Tapi jangan salah, buah ini banyak sekali manfaatnya. Terutama dalam bidang kesehatan. Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat adalah daging buah, biji, dan kulit kayu. Lalu, apa saja manfaatnya? Mari kita simak ulasan di bawah ini.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Buah jamblang ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat menangkal radikal bebas dan juga kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit stroke atau jantung.


2. Mencegah Penyakit Kanker

Hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti, bahwa buah tersebut telah membawa sifat radioprotective dan chemoprotective yang berfungsi menangkal radikal bebas serta menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Waw, menakjubkan bukan?

3. Mengatasi Diabetes

Sudah sering kali kita mendengar tentang penyakit ini dan tak sedikit yang menderita diabetes. Jangan khawatir, karena buah jamblang memiliki indeks glikemik rendah. Hal ini sangat tepat untuk penderita diabetes. Selain itu, buah jamblang dapat menurunkan resiko terserang diabetes dalam menurunkan kadar gula dalam tubuh sekitar 30 persen.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Menguatkan Tulang

Di dalam buah jamblang terdapat berbagai macam zat yang dapat mendukung pertumbuhan dan kesehatan, seperti kalsium, kalium, vitamin C serta zat besi yang mana berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dan dapat meningkatkan kekuatan tulang.


5. Obat Anemia

Buah jamblang ini sangat tepat untuk Anda konsumsi apabila Anda menderita anemia atau darah rendah. Mengapa? Buah jamblang mengandung kaya zat-zat yang bermanfaat, seperti vitamin C dan zat besi. Zat-zat tersebut sangat berperan dalm pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

6. Obat Infeksi

Manfaat selanjutnya dari buah jamblang yaitu dapat mengobati Infeksi. Nahh, bagian-bagian lain dari buah jamblang juga  dapat digunakan untuk mengobati infeksi (disebabkan oleh bakteri) secara tradisional, seperti daun, kulit, batang dan biji. Tanaman jamblang juga menyimpan senyawa seperti asam galat, asam malat, asam oksalat dan tanin yang mana senyawa-senyawa tersebut berfungsi sebagai antimalaria, sifat antibakteri dan gastroprotektif.

7. Melancarkan Pencernaan dan Kesehatan Mulut

Dalam dunia pengobatan tradisional daun pohon jamblang digunakan untuk mengobati diare dan maag. Daun tersebut memiliki sifat antibakteri sehingga berfungsi untuk mengatasi gangguan kesehatan mulut.

Itulah beberapa ulasan tentang manfaat buah jamblang. Ternyata banyak sekali khasiatnya yaa.. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengerikan!!! Inilah Akibat Pakai BEHEL GIGI Tolong Beritahu Artikel Ini Secepatnya Sebelum Terlambat

Paulo Dybala Kemungkinan Gabung Ke Sevilla |Bola

7 Manfaat Menakjubkan Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh Anda